Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Jamur Masak Santan Pedas

Selamat pagi bunda, hari ini saya akan memposting resep masakan saya hari ini. Hari ini saya hanya membuat dua masakan, yakni jamur masak santan pedas dan balado ikan tongkol.
Untuk jamur masak santan pedas, saya menggunakan bumbu simpel saja dan pastinya sangat mudah. Untuk santan, karena saya tadi pagi kehabisan kelapa parut di abang tukang sayur, ya akhirnya diganti dengan kara. Nah berikut ini step-step cara membuat jamur masak santan pedas

Bahan-bahan :
* 2 plastik jamur tiram ( kira-kira setara dengan 1/4 kg ), di suwir-suwir tapi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
* 1 bungkus kara ( lebih baik lagi menggunakan kelapa parut, kalau menggunakan kelapa parut gunakan sekitar 1/2 butir kelapa ukuran sedang saja )
* 30 biji cabe rawit, iris-iris
* 3 cm lengkuas, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* 1 buah tomat ukuran sedang, potong 4 bagian
* garam secukupnya
* gula pasir secukupnya
* merica bubuk secukupnya
* 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
* 3 siung bawang putih
* 5 butir bawang merah
* 3 biji cabe merah
* 2 butir kemiri
* 1 sdt ketumbar butiran
Cara membuat jamur masak santan pedas :
* Pertama-tama tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan lengkuas dan daun jeruk, tumis hingga harum dan bumbu matang. Lalu masukkan 600 ml air, tunggu hingga mendidih, lalu masukkan irisan cabe rawit dan irisan jamur tiram, biarkan mendidih kemudian tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk.
* Masukkan santan dan irisan tomat, tunggu hingga mendidih dan santan matang sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
* Matikan api, dan jamur masak santan pedas telah siap untuk disajikan
Untuk resep kedua, saya memasak ikan tongkol balado. Saya menggunakan 3 ekor ikan pindang tongkol ukuran sedang, tiap 1 ekor dibelah menjadi 2. Untuk lebih jelasnya berikut tata cara pembuatannya
Bahan-bahan :
* 3 ekor pindang balado ukuran sedang, belah menjadi 2 dan cuci bersih
* minyak untuk menggoreng dan menumis
* 2 cm lengkuas yang dimemarkan
* garam
* gula pasir
* gula merah
* kecap manis
Bumbu yang dihaluskan :
* 3 siung bawang putih
* 5 butir bawang merah
* 3 buah cabe merah
* 10 butir cabe rawit
* 1 buah tomat
* 1/2 sdt terasi
Cara membuat balado tongkol :
* Pertama-tama cuci bersih tongkol kemudian goreng hingga matang. Untuk step ini saya tidak perlu membumbui ikan tongkol, jadi langsung digoreng karena nanti bumbu hanya dari bumbu halus balado sudah cukup. Setelah matang sisihkan
* Panaskan 2 sdm minyak untuk menumis, tumis bumbu halus bersama lengkuas yang dimemarkan, tumis hingga bumbu matang tapi jangan sampai gosong, setelah bumbu matang lalu masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk lalu tambahkan sekitar 50 ml air, lalu masukkan 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, 1 sdm gula merah dan 1 sdm kecap manis. Ukuran garam, dan gula disesuaikan selera masing-masing ya bunda. Aduk hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ikan.
* Balado ikan tongkol siap untu disajikan.

Post a Comment for "Resep Jamur Masak Santan Pedas"