Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Es Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang banyak sekali ditemui di sekitar kita. Bernama latin aloe vera, tanaman ini memiliki segudang manfaat, seperti untuk kecantikan kulit, mencegah sariawan, dll. Tak hanya itu, lidah buaya kini banyak dimanfaatkan sebagai minuman pelepas dahaga yakni es lidah buaya. Es lidah buaya memiliki  rasa yang kenyal, sangat pas dipadu dengan sirup dan es batu yang dingin hingga menambah kesegaran. Berikut ini kami paparkan tentang resep membuat es lidah buaya
Bahan-bahan :
* 2 batang lidah buaya, pilih yang tebal dan agak tua
* 300 ml air
* 1 sdm garam
* 1 sdt air kapur sirih
* air secukupnya untuk merebus lidah buaya
* 750 ml air

* 5 sdm gula pasir ( kalau kurang manis bisa ditambah )
* 1/2 sdt vanili bubuk
* 2 batang daun pandan, ikat simpul
Cara membuat es lidah buaya :
* Pertama-tama kupas kulit lidah buaya hingga tersisa hanya bagian dalamnya saja, lalu potong-potong lidah buaya, stelah itu cuci hingga bersih dan lendirnya hilang.
* Siapkan dalam wadah, 300 ml air dicampur dengan 1 sdm garam dan air kapur sirih, aduk hingga rata lalu rendam potongan lidah buaya tadi ke dalamnya dan biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam lalu cuci kembali lidah buaya hingga benar-benar bersih.
* Didihkan air secukupnya, bisa sekitar 500 ml air, lalu rebus lidah buaya dalam air mendidih selama sekitar 10 menit. Matikan api lalu tiriskan lidah buaya.
* Panaskan 750 ml air bersama dengan gula pasir, vanili bubuk dan daun pandan, setelah larut dan mendidih lalu masukkan lidah buaya, aduk sebentar lalu matikan api. Biarkan dingin dalam udara suhu ruang.
* Setelah dingin bisa ditambahkan es batu atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar rasanya semakin segar
* Es lidah buaya telah siap  untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Es Lidah Buaya"