Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Molen Ubi Ungu

Jika pada postingan terdahulu kita pernah membahas tentang resep molen pisang keju, maka di postingan kali ini kami akan membahas tentang resep membuat molen ubi ungu. Ubi ungu yang kaya akan serat dan berasa manis akan dibalut dengan kulit molen yang menjadikannya renyah di luar dan lembut di dalam. Berikut resepnya
Bahan-bahan :
Bahan kulit :
* 300 gr tepung terigu protein tinggi
* 50 gr margarin yang dilelehkan
* 30 gr gula pasir
* 1/4 sdt garam

* 1 sdt vanili bubuk
* 1 butir telur, kocok lepas
* 1 sdm susu bubuk
* air secukupnya
* Minyak goreng
Bahan isi :
* 250 gr ubi ungu
* 2 lembar daun pandan, ikat simpul
* 1/4 sdt garam
* 100 gr gula pasir
* 350 ml santan dari 1/4 butir kelapa
Cara membuat molen ubi ungu :
Kulit : Kocok margarin bersama dengan gula pasir dan telur hingga rata, setelah itu tambahkan tepung terigu, vanili bubuk, dan susu bubuk serta air secukupnya, aduk hingga adonan berubah menjadi kalis. Diamkan sebentar adonan kemudian giling adonan hingga tipis, bisa menggunakan alat penggiling mie ataupun menggunakan botol kaca asal bisa tipis adonannya, setelah itu lalu potong adonan dengan lebar sekitar 2 cm, dengan panjang kira-kira 20-30 cm. Sisihkan
* Bahan isi : Pertama-tama kukus ubi ungu hingga matang, kemudian haluskan, setelah itu masak di dalam panci bersama dengan santan, garam, dan daun pandan, masak dengan api kecil hingga santan meresap habis dan adonan menjadi kalis. Matikan api, biarkan dingin dalam usaha suhu ruang. Setelah dingin lalu bentuk adonan lonjong sekitar 7 - 10 cm.
* Ambil 1 buah iian dan 1 buah kulit, lalu lilitkan kulit hingga menutupi / membungkus seluruh bagian ubi ungu. Lakukan hingga semua bahan habis.
* Panaskan minyak goreng dengan api sedang dan volume banyak, lalu goreng adonan hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
* Molen ubi ungu telah siap untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Molen Ubi Ungu"