Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Cincau Hijau

Jika mendengar kata cincau hijau, sudah tentu sudah tak asing lagi dengan sebuah minuman segar yang melepas dahaga seketika. Cincau hijau terbuat dari daun cincau rambat.
Selain sangat nikmat dibuat minuman segar, cincau sendiri memiliki banyak manfaat, yakni dapat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan panas dalam, meredakan sakit perut dan menurunkan deman. Namun, tahukah teman-teman tentang bagaimana cara membuat cincau hijau? Sebenarnya membuat cincau hijau tidaklah sulit dan terbilang mudah karena tidak memerlukan peralatan dan cara yang susah, maka itu sangat bisa dicoba di rumah. Berikut ini cara membuat cincau hijau 
Bahan-bahan :
* 30 lembar daun cincau hijau, pilih yang agak tua
* 1 liter air matang
Cara membuat cincau hijau :
* Pertama-tama cuci bersih daun cincau, setelah itu angin-anginkan sebentar hingga agak layu, kemudian buang tulang daunnya, hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau langu pada cincau. Setelah itu sobek-sobek daun agak kecil agar mempermudah dan memperbanyak keluarnya getah atau lendir.
* Siapkan wadah atau baskom, masukkan daun cincau ke dalamnya, kemudian remas-remas menggunakan tangan yang bersih sambil perlahan dituangi air matang sedikit demi sedikit, remas hingga keluar lendir yang banyak. 
* Setelah dirasa remasan tadi menghasilkan getah yang pekat lalu saring hingga menghasilkan air sarinya saja lalu simpan di tempat yang sejuk atau bisa dimasukkan ke dalam lemari es ( jangan di dalam freezer ) dan diamkan selama sekitar 3 sampai 4 jam. Proses pendiaman inilah yang nantinya akan mengenyalkan air remasan tadi. Setelah mengenyal, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
* Nah, cincau hijau siap diolah menjadi minuman kesukaan, biasanya nikmat dibuat dengan es santan gula merah.


Post a Comment for "Resep Membuat Cincau Hijau"