Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Nugget Tempe Sayur

Nugget merupakan salah satu makanan yang banyak digemari, terutama oleh anak-anak karena rasanya yang memang enak dan  bentuknya yang menggugah selera. Pada mulanya nugget terbuat dari bahan dasar ayam, namun kemudian seiring perkembangan waktu, bahan dasar nugget menjadi beraneka ragam, mulai ayam, tahu, sayur, jamur, tempe dll. Untuk resep kali ini, kami akan membahas salah satu varian nugget dari tempe dan sayuran. Berikut resepnya.

Bahan-bahan :
* 300 gr tempe
* 1 buah wortel, potong kotak kecil atau parut dengan parutan wortel
* 2 batang daun bawang, rajang halus
* 100 gr daging ayam fillet, cincang halus
* 1 butir telur, kocok lepas
* 4 sdm tepung terigu
* 3 siung bawang putih, haluskan
* 2 butir bawang merah, haluskan
* 1 sdt kaldu ayam
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt gula pasir
* 1/2 sdt lada bubuk
* minyak goreng secukupnya
Bahan pelapis :
* 1 butir telur, kocok lepas
* tepung panir secukupnya
Cara membuat nugget tempe sayur :
* Pertama-tama kukus tempe selama kira-kira 10 menit, kemudian haluskan dan campur dengan semua bahan lainnya kecuali minyak, campur hingga rata lalu  siapkan wadah yang sudah diolesi margarin tipis-tipis, kemudian masukkan adonan ke dalamnya dan kukus selama sekitar 30 menit. Angkat dan biarkan dingin
* Potong-potong adonan yang sudah dingin, potong sesuai selera, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hal serupa hingga adonan habis.
* Panaskan minyak dengan api kecil kemudian goreng adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan nugget tempe sayur bersama nasi ataupun sebagai camilan di rumah.

Post a Comment for "Resep Nugget Tempe Sayur"