Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Jamur Telur

Resep yang akan kami bahas selanjutnya adalah resep jamur telur. Jamur telur hampir mirip dengan tahu telur, namun tahu disini digantikan dengan telur. Memakai sayuran yang sama dengan tahu telur, yakni kecambah dan daun seledri namun bumbu kacang lebih mirip dengan bumbu sate. Penasaran dengan resepnya? Langsung saja kita simak resep jamur telur.
Bahan-bahan :
* 100 gr jamur tiram

* 3 butir telur ayam
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 batang seledri, cincang halus
* 100 gr kecambah, siangi dengan air panas
* Minyak goreng secukupnya
Bumbu :
* 100 gr kacang tanah
* 2 siung bawang putih
* 3 butir bawang merah
* 2 buah cabe merah besar
* 5 buah cabe rawit ( sesuai selera )
* 4 sdm kecap manis
* 1/2 sdt garam
* 1 sdm gula merah sisir
* 100 ml air panas
Pelengkap :
* bawang merah goreng
* acar mentimun
* kerupuk
Cara membuat jamur telur :
* Pertama-tama potong-potong jamur, kemudian cuci hingga bersih, kalau perlu agak diperas agar airnya susut. Tiriskan
* Kocok telur dalam wadah bersama dengan garam dan merica bubuk, kemudian masukkan jamur, kocok kembali hingga tercampur rata.
* Panaskan minyak, goreng telur bersama jamur hingga matang berwarna kecoklatan, gunakan api sedang saja jangan terlalu besar agar matangnya merata hingga ke dalam. Tiriskan.
* Bumbu : Panaskan minyak goreng sedukupnya, lalu goreng kacang tanah hingga setengah matang, lalu masukkan bawang putih, bawang merah, cabe merah dan cabe rawit, goreng  bersama-sama dengan kacang tanah hingga semua bahan matang. Jangan sampai terlalu lama menggoreng kacang tanah karena jika kelamaan rasanya akan pahit. Matikan api dan tiriskan
* Gerus kacang tanah bersama dengan bumbu tambahkan garam, gula merah, gerus hingga halus. Secara perlahan tambahkan air panas sedikit demi sedikit bersama dengan kecap manis hingga mencapai kekentalan yang diharapkan.
* Penyajian : Siapkan piring saji, letakkan jamur telur dalam piring saji, di atasnya tambahkan seledri cincang dan kecambah, lalu siram dengan bumbu kacang, taburi dengan bawang merah goreng dan acar mentimun serta kerupuk. Jamur telur siap dinikmati bersama dengan lontong ataupun nasi putih yang hangat.

Post a Comment for "Resep Jamur Telur"