Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kolak Tape Ketan

Mendekati bulan Ramadhan seperti ini pasti ibu-ibu mulai memikirkan resep yang pas untuk berbuka. Membuat kolak tape ketan mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk mengawali buka puasa.
Bahan-bahan :
Bahan ketan kukus:
* 200 gr beras ketan
* 2 lembar daun salam
* 1/4 sdt garam
* 200 ml air
Bahan kolak tape :

* 500 gr tape singkong manis
* 100 gr gula pasir
* 150 gr gula merah, sisir
* 1500 ml santan dari 1 butir kelapa
* 2 lembar daun pandan
* 1/2 sdt garam
Cara membuat kolak tape ketan :
* Membuat ketan kukus : Cuci bersih beras ketan, kemudian rendam dalam air selama 1 jam. Panaskan air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, kemudian masukkan beras ketan dan sesekali aduk hingga menjadi aron dan air agak habis. Siapkan kukusan, setelah kukusan pansa lalu kukus beras ketan aron tadi selama sekitar 1 jam hingga benar-benar matang. Sisihkan
* Membuat kolak tape : Panaskan santan bersama daun pandan, garam, gula pasir dan gula merah hingga larut, setelah itu masukkan tape singkong, masak hingga mendidih sambil sering di aduk-aduk agar santan tidak pecah.
* Cara penyajian : Siapkan mangkuk saji, masukkan sekitar 2 sendok makan ketan kukus, kemudian siram dengan kolak tape, dan kolak tape ketan telah siap untuk disajikan. Bisa pula disajikan hangat ataupun ditambah dengan es batu.

Post a Comment for "Resep Kolak Tape Ketan"