Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lemang Manis Isi Pisang

Lemang merupakan jajanan dari daerah Sumatera. Resep original lemang adalah bercita rasa gurih dengan cara dipanggang di dalam bambu. Namun seiring dengan perkembangan jaman, pengolahan lemang mulai terjadi pergeseran, misalnya dengan cara dikukus dengan dibungkus daun pisang, serta cita rasa yang mulai beragam. Kali ini, penulis akan memposting lemang dengan cita rasa manis, yakni lemang manis isi pisang.
Bahan-bahan  :
* 250 gr beras ketan putih
* 4 buah pisang raja, kupas kulitnya
* 2 lembar daun pandan
* 10 buah daun suji

* 1/2 sdt air kapur sirih
* 150 ml santan kental dari 1 butir kelapa
* 30 ml air
* 1 sdt garam
* 50 gr gula pasir
* daun pisang secukupnya
Cara membuat lemang manis isi pisang :
* Pertama-tama cuci beras ketan kemudian rendam dalam air bersih selama 1 jam, setelah itu kukus ketan hingga matang, kira-kira selama 45 menit.
* Sementara menunggu matang, tumbuk daun pandan bersama dengan daun suji, tambahkan air kemudian peras sarinya untuk menghasilkan warna hijau alami dan tambahkan air kapur sirih.
* Panaskan santan bersama gula dan garam hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk, kemudian masukkan perasan air daun pandan dan daun suji. Stelah itu matikan api.
* Setelah ketan kukus matang, segera masukkan air daun suji dan aduk hingga warna tercampur rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Siapkan 4 lembar daun pisang sebagai alas, di atas daun pisang letakkan 1 bagian adonan, ratakan lalu di atasnya beri 1 buah pisang, kemudian gulung daun pisang hingga buah pisang tertutup rapat oleh ketan sambil agak ditekan-tekan, sematkan lidi pada sua sisinya. Lakukan hal serupa untuk 3 buah adonan sisanya.
* Panaskan kukusan dalam dandang, kemudian kukus adonan hingga matang, sekitar 20 menit. Setelah matang lalu angkat dan biarkan dingin, setelah dingin lalu potong-potong selebar 2 cm
* Lemang manis isi pisang telah siap untuk disajikan. 

Post a Comment for "Lemang Manis Isi Pisang"