Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep keripik singkong bumbu balado

Camilan yang satu ini begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Hampir di semua daerah di Indonesia terdapat camilan berbahan dasar singkong ini. Keripik singkong merupakan salah satu camilan favorit di Indonesia. Keripik singkong sendiri biasa di olah dengan berbagai macam rasa, mulai rasa pedas, barbeque, keju, rasa bawang, bumbu balado, rasa asin, dll. Kali ini, kami akan memposting resep keripik singkong bumbu balado yang banyak digemari.

Bahan-bahan :
* 1 kg singkong, kupas lalu cuci bersih
* 1 liter minyak goreng
Bumbu rendaman :
* 2 sdt kapur sirih yang dilarutkan dalam 300 ml air
* 4 siung bawang putih, haluskan
* 1 sdm garam
Bumbu baldo :
* 10 siung bawang putih, haluskan
* 10 buah cabai merah keriting, haluskan
* 2 sdt garam
* 2 sdm gula pasir
Cara membuat keripik singkong bumbu balado :
* Pertama-tama, iris tipis singkong yang telah dikupas, akan lebih baik jika diiris dengan alat pengiris karena ketipisannya akan lebih merata dan juga lebih praktis
* Campurkan larutan air kapur sirih bersama dengan 4 siung bawang putih dan garam, lalu rendam ke dalamnya singkong yang telah diiris tipis tadi, rendam selama 30 menit.
* Panaskan 1 liter minyak goreng dalam wajan, lalu goreng singkong hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, goreng dengan api sedang.
* Membuat bumbu balado : panaskan 3 sdm minyak goreng, lalu tumis bawang putih dan cabai merah keriting, tumis hingga harum lalu masukkan garam dan gula, kecilkan api dan tunggu sejenak hingga gula mencair. Setelah gula mencair lalu matikan api. Dalam keadaan masih panas, segera masukkan keripik singkong yang telah digoreng sebelumnya, lalu aduk-aduk hingga semua bumbu bercampur dengan singkong dan tidak lengket. Setelah dingin, keripik singkong bumbu balado telah siap untuk disajikan.

Post a Comment for "Resep keripik singkong bumbu balado"